Selasa, 14 Oktober 2014

PUBLIC SPEAKING "Cara Belajar Yang Baik"


Nah mau share artikel nih, tapi sebenarnya tugas sih. Semoga bermanfaat :)

    Saat ini banyak pelajar yang hanya belajar pada saat menjelang ulangan atau biasa disebut SKS(Sistem Kebut Semalam). Padahal belajar dengan sistem SKS sangat tidak efektif karena tidak akan bertahan lama. Belajar bukanlah berarti menghafal tetapi memahami dan mengerti apa yang kita pelajari. Belajar dapat dilakukan agi, sore, ataupun malam. Dengan mengambil 1-2 jam. Tetapi waktu yang paling baik adalah pagi, karena ketika bangun tidur pikiran masih fresh.

Nah kali ini saya akan berikan sedikit tips atau kiat-kiat belajar yang baik dan efektif :
  1. METODE MENCATAT
    metode ini adalah metode terbaik yang dapat digunakan untuk belajar. Karena dengan mencatat akan mudah mengulang kembali apa yang telah guru sampaikan.
  2. MENGULANGI APA YANG KITA PELAJARI
    belajar satu kali tidak cukup untuk memahami apa yang kita pelajari, mengulang adalah metode yang ampuh untuk bisa memahami apa yang kita pelajari. Cobalah satu hari mengulangi 1-3 kali, pasti akan berdampak baik.
  3. BELAJAR KELOMPOK
    melihat dari sisi positif, belajar kelompok sangat berguna. Karena ada sifat siswa yang takut atau malu menanyakan apa yang tidak dimengerti kepada guru. Maka dari itu dengan adanya metode ini siswa dapat berani menanyakan hal yang belum dipahami kepada temannya.
  4. PAHAMI BUKAN DIHAFAL
    seperti yang sudah saya paparkan di atas, menghafal bukanlah metode yang baik dalam belajar. Menghafal itu kurang efektif. Namun, apabila memang terpaksa perlu SKS, bolehlah sesekali dilakukan
  5. BELAJAR RUTIN TIDAK HARUS LAMA
    belajar rutin tidaklah harus berjam-jam, tetapi dapat dilakukan 30 menit di pagi, sore, malam. Contoh : belajar seminggu 1x7 jam TIDAK SAMA 7x1 jam.
  6. NIAT DAN KESADARAN UNTUK BELAJAR
    melakukan sesuatu apapun tanpa niat maka hasilnya tidak akan maksimal. Begitupun dengan belajar, tanpa adanya niat dan kesadaran maka dalam belajar tidaklah akan pandai selamanya. Berbeda dengan orang yang tidak pandai namun belajar rutin pasti akan lebih pandai dari orang-orang sekelilingnya.

    Sekian ulasan tentang tips-tips belajar. Dan yang paling utama adalah jangan lupa doa agar apa yang di dapat lebih maksimal dan seimbang.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.